Senin, 22 Desember 2014

Permen-Permen Amezaiku

Kalau melihat permen-permen amezaiku, jadi terbengong-bengong. Bukan hanya bentuknya. Pembuatannya pun bikin takjub!

Amezaiku adalah seni tradisional membuat permen dari Jepang. Awalnya, seni memahat permen ini datang dari Cina. Lalu, pada abad ke-17, amezaiku mulai dikenal di Jepang.


Dengan amezaiku, permen-permen ini jadi beraneka bentuk. Naga, burung, kucing, gurita, pokoknya macam-macam bentuk bisa dipahat dari adonan permen. Caranya, adonan permen dipanaskan. Setelah meleleh dan lembut, adonan ditancapkan di batang kayu atau plastik seperti permen lolipop. Lalu, siap dibentuk!

Adonan permen harus dibentuk dengan super cepat. Sekitar 5 menit saja! Kalau tidak super cepat, adonan permen akan segera dingin dan mengeras. Kalau sudah mengeras, maka adonan permen tidak bisa dibentuk lagi.

Untuk membentuk adonan permen, pengrajin amezaiku hanya menggunakan tangannya dan gunting kecil. Pengrajin lalu dengan cekatan dan terampil, menarik, membengkokkan, memelintir, memotong, dan mewarnai adonan permen. Maka, jadilah bentuk-bentuk yang menarik. Auch, pengrajin harus tahan terhadap panasnya adonan permen!

Asyiknya melihat pengrajin amezaiku beraksi. Pengrajin amezaiku membuat permen langsung di hadapan pembelinya. Pembeli pun bisa memesan bentuk permen sesuai keinginannya. Wah, pembeli tidak hanya senang dengan bentuk permennya. Mereka juga terpana menyaksikan pembuatannya.


Sumber: Majalah Bobo No. 21 Halaman 47

Tidak ada komentar:

Posting Komentar