Minggu, 21 Desember 2014

Kendaraan Umum Unik di Filipina

Coba sebutkan jenis kendaraan umum di Indonesia! Ada angkutan kota, bus, bajaj, ojek, dan lain-lain. Nah, di Filipina, ada kendaraan umum yang unik. Namanya Jeepney dan Tricycle. Apa, ya, uniknya?


Warna-Warni Jeepney

Kendaraan yang satu ini menjadi ciri khas kendaraan umum Filipina. Yap, Jeepney. Konon, mobil Jeep ini dipakai oleh tentara Amerika saat Perang Dunia II. Orang-orang Filipina memodifikasi mobil ini menjadi kendaraan umum yang unik. Jeepney dicat dengan warna-warni mencolok dan dilukis di sepanjang badannya. Taraaaaaa... Jeepney menjadi semakin indah!


Tricycle Mirip Bentor

Kamu tahu Bentor, kan? Becak motor. Yap, itu adalah salah satu kendaraan umum yang ada di Medan, Sumatera Utara. Ternyata, di Filipina juga ada kendaraan yang mirip dengan Bentor. Namanya Tricycle.


Perbedaannya hanya pada letak kursi penumpangnya. Kalau Bentor, letak kursinya di sebelah kiri, sedangkan Tricycle letaknya di sebelah kanan. Wah, mirip sekaliii, ya!

Ssst, ternyata, tidak semua Tricycle digerakkan dengan motor. Ada juga yang menggunakan sepeda kayuh biasa.


Masuk Mal

Biasanya, kendaraan umum tidak boleh masuk sampai ke parkiran mal. Tetapi, di Filipina, Jeepney dan Tricycle boleh masuk. Wah, kok bisa, ya? Ternyata, di sana, banyak orang yang suka bepergian dengan kendaraan umum. Soalnya, ongkosnya cukup murah. Sekitar 8-20 peso, atau Rp 2.000,00-Rp 5.000,00. Karena itu, pihak pengelola mal justru memberikan tempat parkir khusus untuk kendaraan umum ini.



Kalau jalan-jalan di Filipina, cobalah naik Jeepney dan Tricycle. Kita bisa menikmati pemandangan kota Filipina dengan harga murah! Whuiih... asiiik!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar