Senin, 22 Desember 2014

Museum Doraemon di Jepang

Teman-teman tentu pernah membaca nama Fujiko F. Fujio. Yaaa, betul! Nama itu selalu tertulis di kaver komik Doraemon. Yaaa, Pak Fujio itu memang pengarang komik Doraemon. Di daerah Kawasaki, dekat Tokyo, ada Museum Fujiko F. Fujio, lo!


Di stasiun kereta Noborito, tersedia shuttle bus yang khusus menuju museum ini. Yang unik, di badan bus ini terdapat gambar Doraemon, Giant, Suneo, dan Shizuka. Di dalam bus ini, kursi dan pernak-perniknya juga bergambar Doraemon. Wah, penumpang pasti betah duduk di dalamnya!




Sekitar sepuluh menit perjalanan, bus ini pun tiba di pelataran museum. Bentuk luar bangunan museum ini, tidak menampakkan ciri-ciri khas Doraemon. Kecuali jika kita mendekat, maka tampaklah batu bata berbentuk mata Doraemon. Juga tampak miniatur-miniatur Doraemon di dalam jendela kaca.


Di museum ini, ada petugas pemandu. Ia akan berkisah tentang perjuangan hidup Pak Fujio sehingga menjadi komikus terkenal. Pemandu ini berbicara dalam bahasa Jepang. Yang tidak mengerti bahasa Jepang, tidak perlu bingung. Pengunjung dipinjamkan sebuah alat kecil seperti radio. Gunanya sebagai alat penerjemah. Pengunjung dapat memilih bahasa yang diinginkan, salah satunya adalah Bahasa Inggris.

Di dalam museum ini, terdapat semua karakter komik karya almarhum Pak Fujio. Selain Doraemon, ada Esper Mami, Perman (P-Man), Astro Boy, dan sebagainya. Ada pula teater yang menayangkan film Doraemon. Jika lapar, ada cafe yang menyediakan Dorayaki, makanan kesukaan Doraemon. Di tamannya, terdapat patung Doraemon dan Nobita yang menunggangi Pisuke. Juga ada Dorami, Pintu Kemana Saja, P-Man, dan yang lainnya.


Kalau pergi ke Tokyo, sempatkan mampir ke museum Pak Fujio, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar