Selasa, 02 Juli 2013

Kapal Selam

Kapal Selam, Dari Tenaga Diesel Hingga Nuklir

O, alangkah hebatnya kapal selam. Sebentar menyembul ke permukaan air, sebentar kemudian lenyap, entah ke mana. Menyelam dan menyelam. Kapal selam mampu bergerak di bawah permukaan air dengan leluasa. Umumnya kapal selam dipakai untuk keperluan militer. Namun, kapal selam juga bisa untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan.

Semakin Modern
Pada mulanya, kapal selam memang masih sederhana,...
baik bentuk maupun alat-alat navigasinya. Begitu pula, tenaga yang menggerakkannya. Bila sebelumnya kapal selam masih menggunakan tenaga diesel, kini ada yang telah menggunakan tenaga nuklir.
Lalu, untuk memantau keadaan di sekeliling, kapal selam tidak hanya dilengkapi dengan periskop (teropong), tetapi juga memakai sonar (sound navigation and ranging) atau pemantauan melalui gelombang suara. Bahkan, ketika sedang menyelam sekalipun, kapal selam mampu melihat apa yang ada di permukaan laut.

Dipersenjatai
Yang mengerikan, kapal selam bisa dipersanjatai dengan torpedo dan rudal balistrik. Tak salah, kapal selam memang menakutkan kalau terlibat dalam pertempuran. Torpedo dan rudal bisa dilepas di dalam laut. Bahkan, rudal jarak jauh antar benua pun bisa dilontarkan dari kapal selam.
Banyak negara maju memiliki kapal selam yang hebat dan canggih. Sebut saja, Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Prancis, Jerman, Swedia, China, Jepang, dan sebagainya. Tak heran, sesungguhnya ada banyak kapal selam berlaulu lalang di bawah permukaan laut di seantero dunia.

Kapal Selam Ohio
Dari sekian banyak kapal selam yang ada di dunia, kita bisa ambil contoh kapal selam Ohio (baca: Ohayo) dari Amerika Serikat. Meskipun sudah cukup tua (mulai aktif tahun 70-an), kapal selam Ohio yang bertenaga nuklir, masih diandalkan oleh jajaran Angkatan Laut Amerika Serikat.
Kapal selam Ohio memiliki panjang 170,7 m, lebar 12,8 m, dan tinggi (dari permukaan air) 11,1 m. Ketika sedang di permukaan air, Ohio berbobot 16.764 ton. Pada saat menyelam, bobotnya menjadi 18.750 ton. Kapal selam ini juga dipersenjatai 24 rudal balistrik dan empat torpedo, lo.

(sumber: Bobo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar