Selasa, 02 Juli 2013

Alpukat Gurih dari Venezuela

Alpukat Gurih dari Venezuela

Orang Venezuela akan mengernyitkan dahi melihat orang Indonesia makan alpukat dengan susu dan gula. Sebab, mereka tahunya alpukat itu paling enak kalau dicampur dengan ayam dan mayones. Hmm... apa nggak aneh rasanya?

Arepa...

Nah, campuran alpukat, ayam, dan mayones itu biasanya digunakan untuk isi arepa. Arepa dibuat dari adonan jagung putih Venezuela yang sudah dilumatkan. Kalau digigit terasa kering dan renyah di luar, tetapi lembut di dalamnya. Kalau dimakan tanpa isi, sih, rasanya seperti jagung tawar saja. Tidak asin, tidak manis.

Isi Arepa
Cara makan arepa mudah saja. Arepa tipis itu dibagi dua, lalu olesi setiap belahnya dengan mentega. Setelah itu, isi arepa favoritmu. Arepa berisi alpukat, ayam, dan mayones dinamakan Arepa Reina Pepiada. Yang berisi keju kuning, disebut Arepa de Queso Amarillo. Ada pula Arepa Carne Mechada, yang berisi daging tumis tomat dan bawang. Oya, arepa juga bisa diisi telur orak-arik khas Venezuela.

Setiap Hari
Arepa selalu disajikan untuk makan pagi, siang, dan malam. Sudah seperti nasi bagi orang Indonesia. Arepa juga selalu diisi dengan sesuatu yang gurih. Tidak pernah digabungkan dengan yang manis-manis seperti selai kacang atau cokelat. Seperti nasi, kalau kita campur dengan selai, tentu rasanya aneh sekali!

Ssst... buat yang baru pertama kali mencicip arepa isi alpukat ayam mayones, jangan lupa sediakan sedikit sambal botol, ya. Biar tidak terlalu enek.


(sumber: Bobo no. 20 tahun XXXVIII 26 Agustus 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar