Kamis, 03 Oktober 2013

Ayo Hemat Energi

Hemat Energi!


-Sebaiknya matikan handphone saat sedang mengisi baterai handphone, karena handphone yang layarnya menyala juga menambah konsumsi listrik walaupun sedikit.

-Sebaiknya gunakan laptop atau netbook daripada komputer desktop, karena kabel komputer harus disambungkan dengan listrik agar komputer menyala, sedangkan laptop memakai baterai jadi bisa menyala walaupun tidak terhubung dengan listrik.


-Tahukah kamu, kalau 90% listrik yang dipakai lampu pijar hanya diubah menjadi panas, sedangkan 10% sisanya menjadi cahaya?

-Sebaiknya jika ingin mengecat rumah, gunakan warna-warna yang cerah, seperti putih atau kuning muda. Warna cat dinding yang cerah akan memantulkan lebih banyak cahaya matahari atau lampu sehingga ruangan menjadi lebih terang dibandingkan dengan rumah bercat gelap.

-Di siang hari yang panas, berapa derajat AC yang biasa kamu nyalakan? Suhu AC yang ideal adalah 24-25oC. Menurunkan suhu AC 1o saja akan meningkatkan 6-7% konsumsi listrik AC dan menambah banyak listrik yang dipakai.

-Sebaiknya memakai lampu neon daripada lampu pijar. Lampu neon berdaya 11 watt sama dengan lampu pijar berdaya 60 watt. Usia pakai lampu neon juga 10-20 tahun lebih lama dibandingkan lampu pijar.

-Matikan shower saat sedang memakai sabun atau sampo. Menyalakan shower selama 5 menit dapat menghabiskan sampai 35 liter air.

-Tutuplah teko saat sedang memasak air. Jika kita menutup teko dapat mempercepat air matang, dan lebih efisien dalam menggunakan energi.

-Periksalah tekanan ban saat hendak bepergian (sesuai petunjuk pabrik pembuatan-nya). Ban yang kempes akan menambah gesekan, sehingga membutuhkan energi yang lebih banyak.

-Jika mematikan televisi, cabut juga kabelnya. Saat televisi dimatikan menggunakan remote, televisi masih dalam mode standby,  jadi masih menggunakan listrik (selama kabel masih tersambung).

-Suhu kulkas yang ideal adalah 2-5oC. Pada suhu itu, makanan sudah terlindungi dari bakteri. Jika suhu kulkas terlalu rendah akan membuang-buang listrik, sedangkan jika terlalu tinggi, makanan akan lebih cepat busuk.

Bogor
Minggu, 29 September 2013
Pukul 13.02 WIB


Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar