Kamis, 12 Desember 2013

Belajar Banyak dari Menabung

Belajar Banyak dari Menabung

Menabung ternyata mengajari kita banyak hal, lo! Hmm, apa saja, ya?

Belajar Untuk Hemat
Menabung mengajarkanmu hidup hemat. Sebab, kamu akan berusaha menahan keinginan menghabiskan uang saku. Misalnya, saat jam istirahat sekolah, kamu membawa bekal dari rumah, agar uang sakumu tidak terpakai untuk membeli makanan. Jauh lebih hemat, bukan?


Belajar Menghargai Uang
Nah, menabung juga mengajarkanmu untuk menghargai uang. Karena, kamu akan tahu betapa sulitnya menyisihkan sebagian uang sakumu untuk ditabung. Meskipun uang yang disisihkan sedikit, tetapi akan berarti untuk menambah jumlah tabungan.

Belajar Mengatur Uang Sendiri
Baru saja diberi uang saku oleh Ayah untuk seminggu ke depan. Tetapi, kok sudah habis di hari keempat, ya? Nah, mungkin kamu belum pintar mengatur pengeluaran uang. Dengan menabung, kamu bisa belajar mengatur dan menggunakan uang sebaik mungkin, agar cukup sampai di akhir minggu. Bahkan, masih tersisa untuk ditabung.

Belajar Mandiri
Ingin membeli barang yang kamu inginkan menggunakan uangmu sendiri? Tentu saja bisa. Sebab, menabung mengajarkanmu menjadi anak yang mandiri. Eits, tetapi membelinya bukan dengan uang saku yang baru saja diberikan, lo. Melainkan dari uang saku yang sudah kamu sisihkan untuk ditabung. O iya, barang yang baru dibeli juga harus bermanfaat, ya! Misalnya alat tulis atau buku pengetahuan.

Belajar Berkomitmen dan Tanggung Jawab
Nah, satu lagi, nih! Dengan menabung, kamu bisa belajar berkomitmen. Komitmen adalah suatu tekad bulat untuk melakukan sesuatu. Misalnya, berkomitmen untuk menyisihkan uang sakumu untuk ditabung secara berkala. Atau, berkomitmen untuk tidak mengambil tabunganmu dalan jangka waktu tertentu. Nah, dengan begitu, kamu juga sudah belajar menjadi anak yang bertanggung jawab.


Yuk, mulai menyisihkan uang sakumu dari sekarang. Awalnya, bisa dengan menyimpannya di celengan. Jika sudah terkumpul banyak, kamu bisa minta tolong Ayah atau Ibumu menyimpannya di bank, supaya lebih aman. Selamat menabung J.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar