Rabu, 27 November 2013

Hewan Punah

HEWAN PUNAH

APA ITU KEPUNAHAN?
Kepunahan adalah berakhirnya sebuah species atau kelompok hewan atau tanaman. Hewan-hewan yang sudah punah berarti sudah tidak ada lagi ada di dunia, seperti dinosaurus dan mammoth yang berbulu seperti wol. Sebelum manusia ada, kepunahan disebabkan oleh peristiwa-peristiwa alam yang terjadi selama bertahun-tahun. Namun sejak manusia ada, banyak species hewan musnah dalam waktu singkat.

KEPUNAHAN DISEBABKAN OLEH:
  1. PERUBAHAN IKLIM
Banyak hewan, seperti mammoth, yang mati pada saat berakhirnya Zaman Es, ketika iklim menjadi lebih hangat.

  1. KERUSAKAN HABITAT
Manusia merusak habitat tempat binatang-binatang hidup. Wilayah hutan yang luas telah ditebangi untuk bercocok tanam dan mendirikan bangunan. Inilah penyebab terbesar kepunahan zaman sekarang.

  1. OVER-FISHING
Pada saat kita pergi melaut sangat jauh dan menangkap terlalu banyak ikan disebut “over-fishing”. Kalau kita tidak berhenti melakukan hal ini, dalam waktu yang sangat singkat banyak species ikan akan musnah.

  1. MEMPERKENALKAN SPECIES
Ketika manusia pertama kali mengunjungi negara lain, mereka membawa anjing, kucing, dan babi bersamanya. Hewan-hewan ini bersaing dengan hewan-hewan yang sudah lebih dulu hidup disana, dan memakan telur serta anak-anak mereka.

KEPUNAHAN MASSAL
Kepunahan-kepunahan utama dikenal sebagai “kepunahan massal”. Pada kepunahan massal, banyak species musnah secara bersamaan. Sedikitnya, sudah terjadi lima kepunahan massal yang besar. Banyak ilmuwan percaya bahwa kepunahan yang terakhir disebabkan oleh meteor yang sangat besar menghantam bumi. Peristiwa itu mungkin menjadi penyebab perubahan dramatis pada iklim, termasuk banjir.

Nanti akan ada lanjutannya

Selesai: Bogor, 27 November 2013
Terima kasih telah membaca artikel ketikan saya.

Wassalamu’alaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar